Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
DOI:
https://doi.org/10.69673/fz8xgg85Keywords:
Ilmu Pengetahuan Alam, Model STAD, Pendekatan Saintifik, Prestasi Belajar, Sekolah DasarAbstract
Adanya mata Pelajaran IPA, dapat mengembankan potensi yang dimiliki oleh peserta didik dan dapat mengembangkan kemampuan berfikir peserta didik melalui pengetahuan konseptual maupun percobaan. Namun tidak semua pengetahuan mengenai alam semesta tersebut dapat dipahami secara mudah, sehingga peserta didik perlu waktu untuk menerima informasi tersebut. Meningkatkan pemahaman siswa kelas empat tentang topik Perubahan wujud benda di SDN Gunungsari III/531 merupakan kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Penelitian ini mengunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dengan mengadopsi model Kemis dan McTaggart dua siklus. Secara khusus, 22 siswa kelas empat menjadi subjek penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa hasil belajar pada topik satuan panjang meningkat pada setiap siklus. Setelah rata-rata nilai 60,57 pada siklus I, hasilnya melonjak menjadi 82,35 pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas empat SDN Gunungsari III/531 dapat memperoleh manfaat dari penggunaan model STAD bersama dengan pendekatan ilmiah untuk meningkatkan hasil belajar mereka yang terkait dengan konten perubahan wujud benda.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Isna Khairina, Roely Ardiansyah, Misrani (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.












