Penggunaan Metode Teaching At The Right Level (TARL) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Authors

  • Ulung Secondany Universitas PGRI Madiun, Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author
  • Ellys Mersina Mursidik Universitas PGRI Madiun, Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author
  • Djoko Pramono SDN 05 Madiun Lor, Madiun, Jawa Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.69673/k9asfv63

Keywords:

Matematika, Problem Based Learning, Teaching At The Right Level

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) pada siswa kelas 6B SDN 01 Klegen Madiun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, khususnya dalam memahami konsep bangun ruang. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan materi ini, dan sering kali merasa bingung dalam menafsirkan permasalahan yang diberikan. Pendekatan PBL dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna, di mana siswa terlibat langsung dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan tingkat pemahaman mereka, sehingga pendekatan "Teaching at The Right Level" (TaRL) juga diterapkan untuk memastikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus pertama, sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi, sementara pada siklus kedua, peningkatan lebih lanjut terlihat baik dalam aspek pemahaman maupun motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penerapan PBL dan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Penggunaan Metode Teaching At The Right Level (TARL) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. (2024). Journal in Teaching and Education Area, 1(3), 417-428. https://doi.org/10.69673/k9asfv63