Penggunaan Metode Teaching At The Right Level (TARL) dengan Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
DOI:
https://doi.org/10.69673/k9asfv63Keywords:
Matematika, Problem Based Learning, Teaching At The Right LevelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) pada siswa kelas 6B SDN 01 Klegen Madiun. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa, khususnya dalam memahami konsep bangun ruang. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan materi ini, dan sering kali merasa bingung dalam menafsirkan permasalahan yang diberikan. Pendekatan PBL dipilih karena mampu memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna, di mana siswa terlibat langsung dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan tingkat pemahaman mereka, sehingga pendekatan "Teaching at The Right Level" (TaRL) juga diterapkan untuk memastikan pembelajaran sesuai dengan kemampuan kognitif masing-masing siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus pertama, sebagian besar siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman materi, sementara pada siklus kedua, peningkatan lebih lanjut terlihat baik dalam aspek pemahaman maupun motivasi belajar siswa. Dengan demikian, penerapan PBL dan TaRL efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ulung Secondany, Ellys Mersina Mursidik, Djoko Pramono (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.