Pengaruh Model Pembelajran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Cahaya

Authors

  • Retno Putri Anggraeni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia Author
  • Puspo Rohmi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.69673/f6qp3089

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) serta seberapa besar pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada materi gelombang cahaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekxperimental dengan desain Post-Test Only Control Design. Sampel diambil secara purposive sampling dan melibatkan 68 peserta didik kelas XI MIPA di salah satu sekolah di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan data pada tes berpikir kritis terdiri dari 6 butir soal uraian yang merepresentasikan 5 indikator, sedangkan tes berpikir kreatif terdiri dari 4 butir soal uraian yang merepresentasikan 4 indikator. Hasil uji independent sample t-test pada keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti p-value ≤ 0,05. Hasil uji independent sample t-test untuk data keterampilan berpikir kreatif menunjukan bahwa nilai sinifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga hasil p-value ≤ 0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif () diterima dan hipotesis nihil () ditolak. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh, tingkat keterampilan berpikir kritis adalah 77% dengan kategori kritis, sementara keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada pada kategori kreatif dengan persentase sebesar 75%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Pengaruh Model Pembelajran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Cahaya. (2024). Journal in Teaching and Education Area, 1(3), 390-400. https://doi.org/10.69673/f6qp3089