Pengaruh Model Pembelajran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik Pada Materi Gelombang Cahaya
DOI:
https://doi.org/10.69673/f6qp3089Keywords:
Model Pembelajaran Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) serta seberapa besar pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada materi gelombang cahaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi ekxperimental dengan desain Post-Test Only Control Design. Sampel diambil secara purposive sampling dan melibatkan 68 peserta didik kelas XI MIPA di salah satu sekolah di Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan data pada tes berpikir kritis terdiri dari 6 butir soal uraian yang merepresentasikan 5 indikator, sedangkan tes berpikir kreatif terdiri dari 4 butir soal uraian yang merepresentasikan 4 indikator. Hasil uji independent sample t-test pada keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti p-value ≤ 0,05. Hasil uji independent sample t-test untuk data keterampilan berpikir kreatif menunjukan bahwa nilai sinifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga hasil p-value ≤ 0,05. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif () diterima dan hipotesis nihil () ditolak. Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh, tingkat keterampilan berpikir kritis adalah 77% dengan kategori kritis, sementara keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada pada kategori kreatif dengan persentase sebesar 75%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Retno Putri Anggraeni, Puspo Rohmi (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.