Peningkatan Hasil Belajar Perserta Didik Melalui Model Pembelajaran Bervasiasi di Sekolah Dasar Pada Pelajaran Agama Islam

Authors

  • Ehsan Ehsan SD Negeri 82/X Bhakti Idaman, Tanjung Jabung Timur, Jambi, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.69673/6smar623

Keywords:

Model Pembelajaran Bervariasi, PAI, PTK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 82/X Bhakti Idaman melalui penerapan model pembelajaran bervariasi. Hal ini didasari atas ketidaknyamanan peneliti terhadap peserta didik  yang kurang terfokus dengan pembelajaran, lebih memilih bersenda gurau dengan temannya. Peneliti melakukan penelitian dengan desain tindakan kelas.  Penelitian ini melibatkan tiga siklus perbaikan pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan wawancara. Partisipan didalam penelitian ini berjumlah 25 orang yaitu kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai ulangan harian peserta didik pada setiap siklus. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran bervariasi dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Peningkatan Hasil Belajar Perserta Didik Melalui Model Pembelajaran Bervasiasi di Sekolah Dasar Pada Pelajaran Agama Islam. (2024). Journal in Teaching and Education Area, 1(3), 306-315. https://doi.org/10.69673/6smar623