Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penggunaan E-Module dan Model Pembelajaran Flipped Classroom
DOI:
https://doi.org/10.69673/gar5pf89Keywords:
E-Module, Flipped Classroom , IPAAbstract
Penelitian ini mengusulkan penerapan Flipped Classroomdan E-Module sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA. Permasalahan yang terjadi disekolah ini didapatkan nilai siswa yang cenderung rendah dari ketetapan ketuntasan minimal. Sehingga, peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI sebanyak 25 siswa. PTK ini dijalankan sebanyak 1 siklus dengan menggunakan model McTaggart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom dan E-Module secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan model ini memfasilitasi keterlibatan siswa, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan aktif. Dengan demikian, Flipped Classroom dan E-Module menawarkan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran IPA di tingkat pendidikan menengah pertama.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Kholidah, Nanang Winarno, Wiwin Sriwulan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.