Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penggunaan E-Module dan Model Pembelajaran Flipped Classroom

Authors

  • Nur Kholidah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Nanang Winarno Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Indonesia Author
  • Wiwin Sriwulan SMP Laboratorium Percontohan UPI, Bandung, Jawa Barat, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.69673/gar5pf89

Keywords:

E-Module, Flipped Classroom , IPA

Abstract

Penelitian ini mengusulkan penerapan Flipped Classroomdan E-Module sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA. Permasalahan yang terjadi disekolah ini didapatkan nilai siswa yang cenderung rendah dari ketetapan ketuntasan minimal. Sehingga, peneliti menerapkan penelitian tindakan kelas di kelas VII SMP Laboratorium Percontohan UPI sebanyak 25 siswa. PTK ini dijalankan sebanyak 1 siklus dengan menggunakan model McTaggart.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Flipped Classroom dan E-Module secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa, dengan model ini memfasilitasi keterlibatan siswa, meningkatkan keterampilan pemecahan masalah, dan memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan aktif. Dengan demikian, Flipped Classroom  dan E-Module menawarkan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran IPA di tingkat pendidikan menengah pertama.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-10-20

How to Cite

Upaya Meningkatan Hasil Belajar IPA dengan Penggunaan E-Module dan Model Pembelajaran Flipped Classroom. (2024). Journal in Teaching and Education Area, 1(3), 316-327. https://doi.org/10.69673/gar5pf89