Analisis Dan Hambatan: Strategi Penerapan Ict Terhadap Proses Pembelajaran Jarak Jauh.

Authors

  • Kholif Sadiyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Dwi Rahayu Lestari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Verina Arti Kurnia Sari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Maulana Diaz Wahyu Pratama Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Bakti Fatwa Anbiya Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author

Keywords:

Analisis, Hambatan, Strategi, ICT, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi penerapan Information and Communication Technology (ICT) serta mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran jarak jauh. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengkaji 24 referensi relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa efektivitas ICT dalam mendukung pembelajaran sangat bergantung pada kesiapan pendidik, dukungan kebijakan, dan infrastruktur teknologi. Hambatan yang ditemukan meliputi keterbatasan kompetensi guru, kesenjangan digital, minimnya pelatihan berkelanjutan, serta kurangnya dukungan teknis dan kebijakan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi implementasi ICT perlu dirancang secara komprehensif dan inklusif, dengan penguatan literasi digital dan pemerataan akses sebagai kunci untuk mewujudkan sistem pembelajaran jarak jauh yang berkelanjutan dan adaptif.

Downloads

Published

2025-08-19