Pemanfaatan Media Sosial dalam Pembelajaran: Literature Review

Authors

  • Ferri Firmansyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Siti Nudia Amburika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Awatif Izza Jazila Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Shalsabila Diah Fasha Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author
  • Bakti Fatwa Anbiya Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Author

Keywords:

media sosial, pembelajaran, hasil belajar, SMP, literature review, pendidikan digital

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media sosial dalam pembelajaran melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Kajian dilakukan terhadap 46 artikel terbitan 2019–2024, yang difokuskan pada tren publikasi, bentuk pemanfaatan media sosial di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah penelitian, dengan platform seperti WhatsApp, Instagram, dan TikTok paling dominan digunakan dalam pembelajaran kolaboratif dan penyampaian materi. Penggunaan media sosial terbukti dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa, meskipun beberapa studi juga mencatat adanya distraksi sebagai dampak negatif. Dengan demikian, integrasi media sosial dalam pendidikan perlu dilakukan secara terarah dan terkontrol agar dapat memberikan manfaat optimal dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pengelolaan yang tepat untuk memaksimalkan potensi media sosial dalam konteks pendidikan modern.

Downloads

Published

2025-08-19